Pokemon Legends: Ulasan Arceus – Apa? Pokemon Berkembang!

Pokemon Legends: Arceus adalah konsep ulang yang signifikan dari apa yang membuat game Pokemon, dengan tingkat fleksibilitas yang menarik yang hanya sedikit terhambat oleh penggilingan awal game yang lambat.

Pada tahun 1996, Pokemon berani. RPG eksentrik secara mekanis lebih sederhana dan lebih ambisius daripada yang sezamannya, terdiri dari sistem pertempuran yang dapat didekati dan daftar besar 150 karakter maskot yang menggemaskan. Sejak itu, gim-gim inti Pokemon sebagian besar menempel pada pola yang ditetapkan oleh gim-gim pertama itu, mengembangkan rasa keakraban dengan iterasi yang stabil dan ringan. Pokemon Legends: Arceus mematahkan pola berulang itu, mencoba membangun fondasi baru sambil meminjam potongan-potongan dari game Pokemon utama untuk menciptakan sesuatu yang baru. Hasilnya terkadang berantakan dan tidak selalu berhasil, tetapi kualitasnya yang berbeda membedakannya dari seri inti dan pada akhirnya meningkatkannya.

Meskipun ini adalah spin-off, Pokemon Legends: Arceus tidak meminjamkan jebakan Pokemon ke rangkaian mekanik yang sama sekali berbeda seperti seri Mystery Dungeon atau Stadium. Sebaliknya, game ini membayangkan kembali mekanisme inti Pokemon–menemukan dan menangkap Pokemon dan bertarung dengan mereka–dalam konteks baru menjelajahi ruang terbuka 3D yang luas.

Legends: Arceus berlangsung jauh sebelum permainan modern, pada saat Pokemon belum terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai hewan peliharaan dan hewan pengepakan. Ada perasaan bahwa hutan belantara di sini berbahaya dan penduduk desa memperlakukan Pokemon seperti binatang buas yang menakutkan. Pengecualian untuk ini adalah Survey Corps, sekelompok kecil ilmuwan berkembang yang bekerja di bawah pasukan keamanan lokal. Ketika Anda terjun ke dunia, Survey Corps segera mengenali bakat Anda untuk gaya penelitian dan menempatkan Anda untuk bekerja.

Keretakan yang selalu ada di langit tampaknya membuat Pokemon mengamuk, termasuk Pokemon suci yang lebih besar dari kehidupan yang diberi penghormatan dan perlindungan khusus oleh suku Diamond dan Pearl setempat. Sebagai orang asing di negeri asing tanpa pilihan lain, Anda bergabung dengan Survey Corps dengan harapan memecahkan misteri keretakan.

Pekerjaan sehari-hari Survey Corps adalah membangun Pokedex pertama, buku catatan bersampul kertas yang mengumpulkan semua akumulasi pengetahuan Pokemon di kawasan itu. Korps bahkan memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang cara menangkap Pokemon, termasuk cara membuat PokeBall dasar dari bahan yang ditemukan. Menyelesaikan Pokedex Anda selalu menjadi tujuan permainan Pokemon, tetapi biasanya tujuan sekunder insidental untuk mengumpulkan Pokemon baru untuk melatih mereka untuk pertempuran. Di Arceus, menyelesaikan Pokedex adalah yang terdepan, memperkenalkannya kembali sebagai tujuan penting yang menghubungkan semua yang Anda lakukan, termasuk bagaimana Anda maju melalui permainan.

Meskipun proses menyelesaikan Pokedex melibatkan mekanisme yang mirip dengan apa yang ditemukan di game Pokemon arus utama, Legends: Arceus membuatnya sedikit lebih terlibat. Anda dapat melihat Pokemon berkeliaran bebas di sekitar lingkungan terbuka, seperti di area Wild Sword and Shield. Tetapi Anda tidak perlu melakukan pertempuran untuk melibatkan mereka. Anda dapat diam-diam menyelinap ke arah mereka, mendekat perlahan saat punggung mereka berbalik atau bersembunyi di rerumputan tinggi, dan melemparkan PokeBall ke arah mereka. Itu cukup sering untuk menangkap mereka, jadi Anda pergi melalui PokeBalls dengan cepat–puluhan dalam satu perjalanan–membangun koleksi Anda. Anda juga bisa memancingnya menggunakan makanan favoritnya untuk mengalihkan perhatiannya saat Anda merayap di belakangnya. Jika mereka memperhatikan Anda, mereka mungkin akan menyerang Anda–jika perlu, Anda dapat menghindar atau lari dari area tersebut, tetapi satu-satunya alat pertahanan nyata yang Anda miliki adalah Pokemon yang sudah Anda tangkap. Dalam keadaan darurat, Anda dapat melemparkan mereka ke medan pertempuran untuk memulai pertempuran.

Secara keseluruhan loop gameplay sentral ini mengambil ide-ide yang sebelumnya dibiarkan dalam imajinasi dan dikaburkan di balik mekanisme RPG di game-game Pokemon arus utama, dan mengontekstualisasikannya kembali menjadi lebih aktif dan pribadi. Ada kemungkinan bahwa setiap kali Anda mengalami pertemuan acak di game Pokemon sebelumnya, monster itu pertama kali menargetkan Anda, dan Anda membuang PokeBall untuk melindungi diri Anda dalam pertempuran, dan sistem pertempuran mendekati ide itu dengan menghadirkannya sebagai pertemuan acak. Tapi di sini, itu sangat harfiah. Anda berisiko terluka oleh makhluk liar dan monster saku kecil Anda adalah satu-satunya jawaban yang dapat diandalkan yang Anda inginkan. Ini memuaskan untuk akhirnya benar-benar merasakan ketegangan dari binatang buas yang menyerang Anda, dan melepaskan monster terlatih Anda sendiri untuk melindungi Anda.

Kontrol di balik pendekatan biner ini–siluman vs. serangan langsung, menangkap vs. memulai pertempuran Pokemon–bisa membingungkan. Tombol pemicu digunakan untuk melemparkan apa pun yang Anda miliki, dan Anda beralih di antara menu PokeBalls dan objek lain seperti umpan dan menu terpisah dari Pokemon yang ditangkap menggunakan tombol X. Ini cukup intuitif sebagian besar waktu, bersepeda melalui gudang senjata Anda dan kemudian mengarahkan tembakan, tetapi dalam panasnya saat itu mudah untuk membuang PokeBall ketika Anda bermaksud memulai pertempuran – atau lebih buruk lagi, untuk memulai pertempuran ketika Anda mencoba untuk menjadi licik.

Dalam permainan Pokemon arus utama, cukup menangkap Pokemon akan mengisi entri Pokedex-nya tetapi tidak demikian halnya di sini. Karena Anda sedang membangun Pokedex pertama, dan karena mekanik penangkap siluman cocok untuk menemukan lebih cepat, menyelesaikan entri Pokedex melibatkan menyelesaikan serangkaian tugas. Lembar Pokedex akan menguraikan tugas–seringkali dengan beberapa tingkatan–seperti menangkap sejumlah Pokemon tertentu, mengalahkan nomor tertentu, menangkap nomor tanpa diketahui, melihatnya menggunakan gerakan tertentu, memberi mereka makan beberapa kali, dan segera. Setelah Anda menyelesaikan sejumlah tugas ini, Anda dapat menyerahkan temuan Anda dan entri Pokedex dianggap selesai.

Ini adalah sistem yang sangat fleksibel yang memungkinkan Anda bermain Pokemon dengan cara Anda sendiri. Jika Anda suka melakukan pertempuran Pokemon, Anda dapat membuat hampir semua kemajuan Anda hanya melawan monster liar. (Saya akan segera menjelajahi pertempuran lebih detail). Jika Anda lebih suka fokus pada siluman dan hampir tidak terlibat dalam pertempuran sama sekali, opsi itu juga tersedia. Pada awalnya, saya menemukan diri saya secara obsesif memeriksa tugas Pokedex saya dan mengarahkan diri saya ke penyelesaian min-maxing, membolak-balik halaman Pokedex mencari yang saya butuhkan. Tetapi setelah beberapa saat, saya merasa jauh lebih menyenangkan untuk hanya berkeliaran di dunia dengan menangkap dan bertarung secara diam-diam seperti yang saya inginkan, dan kemudian membiarkan chip jatuh di tempat yang mungkin untuk penyelesaian Pokedex.

Ini juga mengarah pada dinamika pesta yang jauh berbeda dari gim Pokemon pada umumnya. Karena Anda menangkap Pokemon dengan penuh barel dan Pokemon yang sedang berkembang tidak selalu diperlukan untuk menyelesaikan entri Pokedex mereka, ada lebih sedikit insentif untuk menjaga tim inti favorit di tangan dan secara pasif menaikkan level mereka sepanjang permainan. Saya terus-menerus menukar tim saya di lapangan dengan check-in di base camp, mengganti Pokemon apa pun yang telah dikalahkan oleh tangkapan yang lebih baru. Tapi itu berarti beberapa favorit lama saya, termasuk starter saya, telah disimpan di cold storage selama berjam-jam. Saya mendapati diri saya kehilangan perasaan untuk membentuk ikatan khusus dengan pemain pemula saya, Rowlet, dan membuatnya tetap bersama saya sepanjang pertandingan.

 

Menyebut binatang-binatang ini adalah yang paling menarik dari seri ini selama bertahun-tahun.

Sayangnya, gating kemajuan kampanye juga terkait dengan menyelesaikan hasil survei Pokedex. Survey Corps memberikan peringkat bintang yang naik level saat Anda mendapatkan poin penelitian untuk menyelesaikan tugas dan mengisi entri Pokedex. Lingkungan baru terbuka saat Anda maju melalui cerita, tetapi di antara setiap titik cerita utama, Anda harus naik peringkat ke tingkat bintang berikutnya. Itu berarti bahwa untuk beberapa peringkat bintang pertama, saya terjebak perlu pergi ke area yang telah saya jelajahi secara ekstensif, menggiling untuk maju cukup untuk melanjutkan. Kemudian dalam permainan, setelah saya mendapatkan akses ke pilihan lingkungan yang lebih besar–dan memiliki akses ke tunggangan yang membuat area baru dapat dijangkau–akan jauh lebih mudah untuk maju tanpa merasa seperti saya harus kembali ke area sebelumnya dengan denda -sisir bergigi.

Sistem pertarungan mungkin merupakan aspek yang paling bisa dikenali dari game Pokemon sebelumnya, dengan setiap Pokemon di Legends: Arceus hanya mampu melengkapi total empat gerakan sekaligus dan semua elemen match-up batu-kertas-gunting biasa masih utuh. Tetapi perlu mengetahui nuansa yang lebih baik untuk mengetik pertarungan tidak ditekankan di Arceus, sampai pada titik di mana gerakan hanya terdaftar sebagai Efektif, Super Efektif, Tidak Sangat Efektif, dan Tidak Ada Efek sejak awal. Game Pokemon yang lebih baru telah menyertakan fitur ini, dan saya menghargai bantuan sebagai seseorang yang tidak memiliki ruang otak untuk melacak setiap gerakan yang cocok, tetapi sebelumnya telah menyimpan petunjuk tersebut di belakang setelah menyelesaikan entri Pokedex. Di Pokemon Legends: Arceus, tepi kasar diamplas menjadi lebih halus, karena Anda akan segera melihatnya terdaftar, bahkan saat pertama kali Anda bertemu Pokemon baru.

Anda juga bisa menghadapi beberapa Pokemon, terkadang hanya karena keberuntungan dengan memulai pertempuran di tengah kerumunan makhluk liar. Momen-momen ini bisa terasa sangat mengerikan, karena Anda hanya bisa mengeluarkan satu monster dalam satu waktu. Dan terkadang Anda akan bertemu dengan Pokemon yang jauh di atas level Anda, termasuk Pokemon “Alpha” bermata merah yang lebih besar dan lebih kuat daripada rata-rata spesies mereka. Jika Anda dapat menangkap mereka, mereka pada dasarnya adalah predator puncak dari tipe mereka dengan stat bump yang diperlukan.

Menambahkan kerutan kecil tapi terkadang vital ke sistem pertempuran adalah opsi untuk membuat serangan Anda menjadi gaya “Agile” atau “Strong”. Serangan Agile mengorbankan beberapa kekuatan untuk kecepatan, yang terkadang memungkinkan Anda menyerang dua kali sebelum lawan dapat merespons. Sebaliknya, serangan Kuat akan memberikan beberapa pukulan ekstra, tetapi mungkin cukup memperlambat Anda sehingga lawan dapat bertindak dua kali. Garis waktu pertempuran opsional menunjukkan kapan giliran akan terjadi, sehingga Anda dapat melihat bagaimana pertukaran antara gerakan Agile dan Kuat akan memengaruhi urutan giliran. Ini menambah lapisan kreativitas dan strategi ekstra, terutama setelah Anda mulai menambahkan serangan yang kurang efektif dengan gaya Kuat karena Anda ingin memberikan efek status, atau menggunakan gaya Agile pada serangan Super Efektif untuk menghabisi lawan dengan cepat. Lawan Anda dapat membuat serangan mereka Agile atau Strong juga, sehingga memotong dua arah, meningkatkan jumlah variabel yang harus Anda pertimbangkan di tengah pertarungan dan membuatnya jauh lebih memuaskan ketika strategi Anda terbayar dengan kemenangan.

Serangkaian pertempuran bos yang disebut pertempuran Frenzy juga merupakan perubahan signifikan dari norma Pokemon. Konflik berskala besar ini terkait dengan cerita, saat Anda bekerja dengan “Warden” juru kunci setiap Pokemon untuk mempelajari jenis makanan apa yang mereka sukai sehingga Anda dapat membuat Balsem khusus. Anda kemudian pergi ke arena yang berbeda di mana Anda harus menghindari serangan Pokemon yang mengamuk dan memukulnya dengan Balm, hanya sesekali mengirimkan Pokemon Anda sendiri untuk menyetrumnya cukup lama sehingga Anda dapat menembakkan Balm dengan cepat. Memuaskan binatang-binatang ini dengan menyulap prioritas menghindar aktif, mencari peluang terbuka untuk melempar, dan kemudian bercampur dalam pertempuran Pokemon tradisional adalah yang paling menarik dari seri ini selama bertahun-tahun.

The Wardens dan para pemimpin klan mereka adalah kepribadian yang menonjol di Legends: Arceus, memperkenalkan pemeran karakter yang sama sekali baru tetapi menjaga fokusnya relatif kecil. Game Pokemon sering kali memiliki banyak teman, profesor, pemimpin gym, anggota Elite Four, dan Champion, dan kami jarang mengenal mereka dengan baik. Di Legends: Arceus, ada kurang dari selusin karakter utama, dan kami menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka, mengenal kepribadian mereka dan bagaimana mereka saling berbenturan. Tidak ada banyak kedalaman untuk cerita dan karakter, tapi saya masih terikat dengan anak-anak anime yang lucu ini.

Related Posts